Reksa dana syariah dari PayTren resmi bergabung di Bursa Efek Indonesia, daftar yuk!!!


PT. Paytren Aset Management telah resmi mengantongi surat izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Dengan demikian, salah satu program yang sudah dipersiapkan pun yaitu reksa dana syariah telah resmi diluncurkan di Bursa Efek Indonesia pada 4 Desember 2017 lalu. Hal ini mendapat respon positif dan disambut baik oleh banyak pihak, bahkan salah satu media besar yaitu Republika memberikan sebuah penghargaan khusus untuk kategori asset management murni syariah pertama.


Sekilas penjelasan tentang reksa dana secara mudah ialah kontrak investasi kolektif. Yaitu anda dan para investor lainnya mengumpulkan uang dalam satu wadah seperti ‘patungan’ sehingga akan terkumpul jumlah dana yang signifikan. Kemudian dana yang terkumpul tersebut akan di kelola oleh pihak manajer investasi (MI) dengan tujuan untuk mendapatkan hasil, dengan cara mentransaksikannya di bursa saham, jual beli obligasi, dan sebagainya.

Namun pihak manajer investasi ini tidak boleh memegang secara langsung uang patungan tersebut, melainkan oleh bendahara dalam hal ini adalah Bank kustodian. Jadi pihak manajer investasi yang merupakam suatu instansi keuangan yang didalamnya merupakan orang-orang ahli di bidang investasi reksa dana ini hanya berperan untuk mengatur dan mengintruksikan kepada pihak bendahara bagaimana uang patungan tersebut akan ditransaksikan. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan terhadap dana tersebut, sehingga resiko dana dibawa kabur tidak akan terjadi alias aman.

Selain itu sistem investasi reksa dana ini diawasi dan diregulasi dengan ketat oleh badan Otoritas Jasa Keuangan yang mengharuskan pihak MI untuk menghitung setiap hari jumlah dana yang ada dan melaporknnya. Jika satu hari tidak memberikan laporan maka pihak OJK akan memberikan surat peringatan. Dengan demikian, anda bisa tenang dan tidak perlu khawatir ketika berinvestasi reksa dana. Dana yang anda investasikan akan dikonversi ke satuan unit, dan laporan mengenai berapa jumlah unit dan jumlah dalam rupiah yang anda miliki akan dikirim setiap bulannya ke alamat rumah/kantor, atau dalam bentuk statement electronik via email. Anda bisa menyimpan dan menarik dana kapan saja tanpa ada keharusan penalty, hanya saja dikenakan subscription fee saat menaruh dana, dan redemption fee saat akan menarik dana, yang jumlahnya bervariasi tiap produk/manajer investasi, dari 0-3%.

Keluarnya izin dari OJK ini merupakan kabar gembira bagi Paytren yang tentu saja akan menghadirkan gebrakan baru dengan peluncuran reksa dana tersebut. Yusuf Mansur selaku Komisaris Utama sekaligus pemilik Paytren pun mengaku senang atas terbitnya izin itu. "Berkat doanya kawan-kawan nih. Insya Allah, jualan dah kita," tuturnya. Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Paytren kini ada dua. Pertama, Paytren yang bisa dimanfaatkan untuk pembayaran. Lalu yang kedua, Paytren Asset Management sebagai wadah berinvestasi.
"Kawan-kawan kudu ikutan untuk meramaikan pasar modal syariah. Kita biayai negara, kita biayai dunia. Bismillah," tambah Yusuf.
Sebagai informasi, PAM merupakan perusahaan manajer investasi di bawah PT Veritra Sentosa International yang memiliki produk financial technology (fintech) Paytren.

Jika anda berminat untuk berinvestasi di reksa dana syariah dari Paytren Aset Management, anda bisa daftar langsung dan mulai berinvestai dengan membeli produk reksa dana pada websitnya yaitu https://payor.paytren-am.co.id. Website tersebut disediakan untuk umum termasuk bagi mitra paytren pun bisa mendaftar disana, namun disarankan untuk mitra paytren agar menunggu fitur khusus dari paytren untuk layanan ini yang mungkin saja ada benefit yang lebih, atau mungkin bisa memebeli produk reksa dananya menggunakan deposit, PUT, dll, yang mudah-mudahan saja akan ada kabar tentang fitur tersebut secepatnya.


0 Response to "Reksa dana syariah dari PayTren resmi bergabung di Bursa Efek Indonesia, daftar yuk!!!"

Jangan ragu untuk bertanya dikolom komentar jika ada yang tidak dimengerti atau mau info lebih banyak mengenai paytren. Atau bisa langsung bertanya melalui menu Contact Me di atas.