Penjelasan Reksa Dana Syariah Paytren dan Cara Daftarnya


Sejak 4 Desember 2017 lalu, PT. Paytren Asset Management (PAM) yang bergerak dalam bisnis investasi yang merupakan perusahaan dibawah naungan PT. Veritra Sentosa Internasional (VSI) telah resmi meluncurkan produknya yaitu reksa dana syariah di Bursa Efek Indonesia tak lama setelah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Paytren memang memiliki potensi besar sejalan dengan visinya untuk kemajuan bangsa, hal itu dibuktikan dengan peluncuran produk reksa dana syariah ini yang mendapat respon baik dari banyak pihak.


Ada dua pilihan produk reksa dana syariah yang ditawarkan dan akan dikelola oleh PAM sebagai pihak manajer investasi, yaitu PAM Syariah Likuid Dana Safa dan PAM Syariah Saham Dana Falah. Berikut ini rinciannya :

PAM Syariah Likuid Dana Safa
Tujuan Investasi :
Memperoleh imbal hasil yang optimal dalam jangka panjang melalui alokasi strategis mayoritas pada Efek Syariah bersifat Pasar Uang yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di Pasar Modal untuk memperoleh nilai Maslahah.
Minimal Investasi Awal dan Selanjutnya Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).

Kebijakan Investasi :
Komposisi portofolio investasi 100% dari Nilai Aktiva Bersih pada instrument Pasar Uang Syariah dalam negeri dan/atau Surat Berharga Syariah Negara dan/atau Sukuk dalam jangka waktu tidak lebih dari 1 tahun dan/atau sisa jatuh temponya tidak lebih dari 1 tahun yang telah ditawarkan melalui Penawaran Umum dan/atau diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dan/atau deposito syariah.

Ujrah dan Biaya :
Biaya yang dibebankan pada Reksa Dana Syariah
Imbalan Jasa Manajemen (Management Fee) : maks. 1.50% p.a.
Imbalan Jasa Kustodian (Custodion Fee) : maks. 0.15% p.a.

Biaya yang dibebankan kepada pemegang unit penyertaan
Pembelian (Subcription fee) : Tidak ada
Penjualan Kembali (Redemption fee) : Tidak ada
Pengalihan (Switching fee) : Tidak ada

PAM Syariah Saham Dana Falah
Tujuan Investasi :
Mendapatkan imbal hasil yang optimal dalam jangka panjang melalui alokasi strategis mayoritas pada Efek Syariah bersifat Ekuitas dalam Daftar Efek Syariah yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di Pasar Modal untuk memperoleh nilai Maslahah.
Minimal Investasi Awal dan Selanjutnya Rp 100.000 (seratus ribu rupiah).

Kebijakan Investasi :
Min. 80% dan maks 100% dari Nilai Aktiva Bersih pada Efek Syariah bersifat ekuitas Min. 0% dan maks 20% dari Nilai Aktiva Bersih pada Efek Syariah Berpendapatan Tetap dan/atau Sukuk dan/atau pasar uang syariah dalam negeri dan/atau deposito syariah dan/atau Efek Syariah lainnya.

Ujrah dan Biaya :
Biaya yang dibebankan pada Reksa Dana Syariah
Imbalan Jasa Manajemen (Management Fee) : maks. 3.50% p.a.
Imbalan Jasa Kustodian (Custodion Fee) : maks. 0.15% p.a.
Biaya yang dibebankan kepada pemegang unit penyertaan
Pembelian (Subcription fee) : maks 1%
Penjualan Kembali (Redemption fee) : Tidak ada
Pengalihan (Switching fee) : Tidak ada

Untuk cara daftar dan mulai berinvestasi di reksa dana syariah ini, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Klik link berikut ini https://payor.paytren-am.co.id (*buka di tab baru agar mempermudah), lalu akan muncul halaman web seperti gambar berikut :


Klik pada teks “DAFTAR SEKARANG” maka anda akan diminta untuk mengisi form yang disediakan pada halaman selanjutnya seperti gambar dibawah ini :


Isi formulir pendaftaran tersebut sesuai permintaan, jika sudah selesai klik “KIRIM” dan anda akan diminta untuk mengkonfirmasi dengan memasukkan kode yang dikirim ke nomor HP anda. Jika berhasil, anda sudah bisa mengakses halaman utama website reksa dana PAM dimana terdapat dua produk disana yang bisa anda pilih untuk berinvestasi, kemudian klik tombol “BELI”


Lalu anda akan diminta melengkapi profil anda secara rinci pada form yang telah disediakan. Setidaknya ada 6 form yang harus anda isi dengan lengkap dan benar sesuai data diri anda.


Ikuti semua perintahnya sampai selesai untuk memulai berinvestasi di reksa dana syariah dari PAM. Salam sukses !!!

CATATAN :
INVESTASI MELALUI REKSA DANA MENGANDUNG RISIKO. CALON INVESTOR WAJIB MEMBACA DAN MEMAHAMI PROSPEKTUS DAN TATA CARA BERTRANSAKSI SEBELUM BERINVESTASI MELALUI REKSA DANA. KINERJA MASA LALU TIDAK MENCERMINKAN KINERJA MASA DATANG.


7 Responses to "Penjelasan Reksa Dana Syariah Paytren dan Cara Daftarnya"

  1. Di bagian profil ada SID maksudnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya bisa mulai berinvestaasi, namun harus menunggu informasi lebih lanjut dari PAM yang akan mendaftarkan data anda ke kustodian sentral efek indonesia untuk mendapatkan SID (single investor identification), yang akan dikirimkan via email anda. setelah mendapatkan SID masuk kembali ke website Payor untuk membeli produk reksadananya di menu transaski, lanjut transfer dana, dan tunggu konfirmasi/informasi via email.

      Delete
  2. Saya ingin bertanya. Minimal Investasi Awal dan Selanjutnya Rp 100.000 (seratus ribu rupiah), apakah harus bayar trus? klo seandainya saya ingin bayar sekali aja ngga perlu bayar lagi gmna?..

    ReplyDelete
  3. 100.000 jdnya berapa nanti

    ReplyDelete
  4. Cara mainnya gimana ya.apa hrus tranfer slalu.kpn dapt balik uang nya.

    ReplyDelete
  5. Saya tertarik tp ga paham cara kerjanya, keuntungannya, resikonya, apa yg hrs dilakukan, tolong dijelaskan

    ReplyDelete

Jangan ragu untuk bertanya dikolom komentar jika ada yang tidak dimengerti atau mau info lebih banyak mengenai paytren. Atau bisa langsung bertanya melalui menu Contact Me di atas.