Cara isi deposit/saldo via Virtual Account & isi pulsa Paytren


Assalamualaikum mitra paytreners, Tidak bisa dippungkiri bahwa bisnis paytren Ustadz Yusuf Mansur ini memiliki perkembangan yang luar biasa. Jika dilihat dari data statistic pada web pusatnya (www.treni.co.id), bisa dilihat betap signifikannya mitra yang tergabung dari waktu ke waktu. Meskipun ada pro dan kontra dimasyarakat mengenai bisnis ini karena sistemnya yang menggunakan multi level marketing atau MLM, namun tak sedikit yang berminat untuk bergabung baik sebagai pengguna aplikasi saja yang memanfaatkan kemudahannya untuk bertaransaksi kebutuhan rutin, ataupun yang ingin menjalankan bisnisnya karena potensi penghasilannya. Hal ini karena keterbukaan dalam bisnisnya dan tentu saja ustdz Yusuf Mansur berusaha memberikan yang terbaik untuk mitranya yang bergabung.

Oleh karena itu saya rasa perlu untuk membuat postingan tentang tutorial cara menggunakan apllikasinya, meskipun sebenarnya mudah namun menurut saya penting bagi pemula yang masih ragu-ragu karena takut salah seperti yang saya alami dulu saat pertama kali menggunakan aplikasinya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagi tutorial tantang cara mengisi pulsa dan mengisi saldo aplikasi paytren. Baik langsung saja simak penjelasannya berikut ini :

MENGISI PULSA 
  • Buka aplikasinya dan login, setelah masuk menu anda akan melihat beberapa pilihan, silahkan klik menu pulsa hp




  • Pada tampilan berkutnya anda bisa lihat beberapa pilihan seperti pulsa, game, pln, dan tv. sebagai contoh untuk isi pulsa operator bisa langsung anda praktekan, klik bagian PULSA, lalu masukan nomor tujuan pada kolom yang telah disesiakan, kemudian pilih jumlah nominal pulsa yang akan diisi, anda akan diminta memasukan pin, masukan pin transaki (6 digit) yang sudah dikirim via sms pada saat pendaftaran, terakhir klik LANJUTKAN maka pengisian pulsa selesai dan akan diproses. 


Begitupun cara mengisi pulsa token PLN atau TV berbayar, anda tinggal masukan saja nomor tagihannya lalu ikuti perintah selanjutnya.

MENGISI DEPOSIT/SALDO
Sesuai dengan pengumuman penutupan cara isi deposit pake kode unik, maka mulai tanggal 28 Agustus Sobat paytren dapat mengisi deposit melalui Virtual Account BNI dan Mandiri. Sebelumnya Saya sendiri agak kecewa dengan keputusan itu, karena bank Virtual Account belum komplit dan ada biaya juga yang beragam sesuai peraturan bank yang bersangkutan. Tapi setelah saya mendapatkan penjelasan lebih lanjut dari pihak manajemen, alhamdulillah dapat memahami.
Perubahan ini sesuai arahan dari BI karena ternyata dengan membludaknya jumlah pengguna Paytren, isi deposit dengan cara kode unik itu tidak sesuai dengan standar kenyamanan dan keamanan mitra. Yang belum tau, kode unik itu berfungsi sebagai alat verifikasi transferan otomatis dari internet banking. Banyak skali kendala yang terjadi jika pakai kode unik, berikut beberapa contoh kendala :
  1. Setiap hari yang gagal deposit bisa tembus 3000an mitra. Dan 50% nya terjadi karena kesalahan menulis kode unik. Jadi deposit gak akan terproses. Apes nya, kalau ternyata kode unik yang salah itu dimiliki oleh mitra lain, maka yang terjadi adalah deposit masuk ke mitra lain tersebut.
  2. Proses kode unik itu tidak luput dari internet banking masing-masing Bank. Jadi jika ada gangguan internet dari bank, misal sekitar 10 menit saja bisa tembus ribuan yang gak bisa terproses, itu baru 10 menit lho, bagaimana kalau satu jam? Makin banyak tentunya.
  3. Membludaknya transferan isi deposit tiap hari, mengakibatkan mutasi bank overload (menjadi beberapa halaman mutasi), dan ketika masuk transferan sesuai kode unik, maka system akan mencari secara otomatis, nah kalau overload, kemungkinan pencariannya gagal semakin besar karena harus cek perhalaman.
  4. Gangguan yang paling bahaya adalah, adanya orang-orang yang berniat tidak baik, mereka terus membuat kode unik sebanyak-banyaknya dengan harapan ada mitra yang salah transfer dengan memasukkan kode unik yang mereka buat.. ngeri kan? Dan masih banyak lagi kendala lainnya. 
Untuk memproses kesalahan-keslahan itu, para mitra harus membuat pengaduan dulu dan manajemen harus mencari mutasi dengan memproses itu semua secara manual. Kebayangkan? Ribuan perhari. Jadi sesuai arahan dari BI, karena PAYTREN itu tak hanya harus memberikan KEPUASAN tapi juga harus memberikan KEAMANAN bagi mitra, maka sekarang pengisian deposit semua diarahkan ke VIRTUAL ACCOUNT yang notabene lebih akurat, cepat, dan berlaku 24 Jam walau ada admin 1000-3000an. Tingkat kesalahan dan gangguannya VA pun lebih minim. InsyaAllah Bank2 VA juga akan terus di tambah.
sedangkan untuk cara mengisi depositnya sendiri via VA ini yaitu sebagai berikut, disini saya memberi contoh melalui ATM dan Internet Banking bank Mandiri :
  1. Masukan kartu ATM dan input PIN anda
  2. Masuk ke menu BAYAR/BELI>LAINNYA>LAINNYA>MULTIPAYMENT
  3. Masukan kode perusahaan 70017
  4. Masukan 11 digit nomor virtual account anda*
  5. Masukan nominal top up yang anda inginkan
  6. Muncul konfirmasi pembayaran, pilih 1 kemudian pilih YA
  7. Ikuti intruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi
Via Internet Banking:
  1. Masuk ke internet banking anda
  2. Pilih menu BAYAR>MULTIPAYMENT
  3. Pilih penyedia jasa/service providers, pilih I-Pay
  4. Masukan 11 digit nomor virtual account anda*
  5. Masukan nominal top up yang anda inginkan, kemudian klik LANJUTKAN
  6. Akan muncul informasi pembayaran, klik kotak kecil disebelah kanan jika sudah sesuai
  7. Klik lanjutkan lalu msukan pin Mandiri anda
  8. Ikuti intruksi selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi
    *)Nomor virtual account anda bisa didapat melalui aplikasi paytren di menu DEPOSIT>TOP UP

    Demikianlah cara mengisi pulsa dan mengisi deposit aplikasi paytren, mudah bukan ? sekarang tidak perlu lagi meras takut salah. Simak terus tutorial dan tips lainnya dalam postingan yang lain. Terima kasih. Wassalamualaikum.


    1 Response to "Cara isi deposit/saldo via Virtual Account & isi pulsa Paytren"

    1. Bagaimana cara supaya bisa transaksi tentang pengisian pulsa

      ReplyDelete

    Jangan ragu untuk bertanya dikolom komentar jika ada yang tidak dimengerti atau mau info lebih banyak mengenai paytren. Atau bisa langsung bertanya melalui menu Contact Me di atas.